poor oranje

June 21, 2008 at 10:37 pm 1 comment

Belanda – Rusia jagoin mana?

Belanda donk..

barusan kalah tuh…

iya gw tau…gw nonton juga

(kembali ngecek tim fantasy football)

“…AAAAAAARRRRRRRGGGGGHHHHHHHH……”

======================================================================

Siapa yang tak terpesona akan impresifnya (sungguh, sampe sekarang gw gak ngerti apa makna dari kata ‘impresif’, malah dulu gw sempet nyangka kalo impresif itu adalah lawan kata dari ekspresif, mengingat lawan kata ekspor adalah impor) penampilan Belanda di babak penyisihan grup. gak tanggung-tanggung, dua tim yang masuk Final Piala Dunia 2006 dihajar tanpa ampun. Bahkan Rumania yang jadi Juara Grup-nya Belanda di babak Kualifikasi disingkirkan hanya dengan tim lapis kedua. Belanda pun lantas jadi buah bibir dan diunggulkan melaju ke final, bahkan bisa jadi juara.

Tapi kenyataan berkata lain.

Entah karena Guus Hiddink yang memang jago meracik strategi dan mampu membangkitkan potensi pemainnya, ataukah Van Basten yang secara teknis sangat bagus me-manage tim, tetapi masih kurang pengalaman dan mental strategi. Mungkin juga karena para pemain Rusia bermain sangat disiplin dan lugas apalagi mereka sangat tidak diunggulkan sehingga mereka bebas mengeluarkan kreasi dan kemampuan mereka. Nothing to Lose, kata mereka. Tidak ada yang kendor.

Tapi bisa jadi juga memang para pemain Belanda yang sudah kalah mental.

Hampir dalam setiap turnamen terakhir yang diikuti, boleh dikatakan nasib Belanda selalu berakhir tragis.

di Piala Dunia 1998, Belanda kalah adu penalti dari Brasil padahal mereka bermain bagus dan sempat menyingkirkan Argentina dengan gol indah Dennis Bergkamp.

di Piala Eropa 2000, Belanda yang tampil menggila sepanjang turnamen (sempat meneng besar 6-0 versus Yugoslavia) mengurung dan membombardir pertahanan Italia selama 120 menit, namun “Malaikat Kecil” yang hari itu nangkring di gawang Toldo membuat Belanda menangis dalam drama adu penalti.

Piala Dunia 2002, mereka malah tidak mampu lolos ke putaran final.

kemudian di Euro ’04 mereka kandas di tangan Portugal. tapi wajar sih, Portugal saat itu jadi tim kejutan dan dijagokan juara.

eh, di Piala Dunia 2006, mereka ketemu lagi dan Belanda kalah lagi, dengan bonus setumpuk kartu kuning dan kartu merah untuk kedua tim.

dan sekarang, habis pula mereka dipecundangi tim yang sama sekali tidak diunggulkan. Rusia. Bahkan gol penyama kedudukan baru dicetak di menit-menit akhir. kontras sekali dengan tiga laga awal mereka.

jadi, minimal dalam 10 tahun terakhir, Belanda baru sebatas menjadi tim unggulan. yah…setidaknya masih lebih baik daripada Inggris. Unggulan yang mengecewakan.

====================================================================

what’s up? ada apa ini? aya naon atuh kang, neng?

gw mendukung Belanda karena gw pecinta permainan menyerang yang agresif, juga sepakbola taktis yang indah. dan gw melihat itu ada di permainan Belanda. sayangnya, mental mereka masih belum memadai.

mental juara itu penting. karena bisa membantu keluar dari keadaan sulit.

gw pernah baca kalo para pemain Belanda itu kurang punya mental juara dan kengototan yang lebih untuk menang karena para pemainnya tidak terbiasa mengalami tekanan hidup. Belanda sebagai salah satu negara yang mapan di Eropa, berhasil membuat para penduduknya hidup makmur dan dari sanalah para pemain itu lahir.

Bisa jadi memang ada hubungannya sih. Karena bisa jadi tim dan pemain Brasil boleh dikatakan selalu jadi juara, ya karena mereka memang terbiasa bertarung dalam hidup mereka. kehidupan yang miskin dan keras.

(kalo mental gw udah jelas, gabungan keduanya : kehidupan yang nggak makmur dan mental yang lembek…hahaha…yang muncul resesifnya)

jadi, setelah menyaksikan pertandingan tadi, gw mendorong sebuah kesimpulan bahwa tim Belanda itu sangat sempurna secara teknik, namun masih lemah di mental bertandingnya. Marco Van Basten juga adalah pelatih yang menurut gw bakal punya masa depan yang cerah, hanya saja dia perlu menambah pengalaman.

gw yakin suatu saat ia akan kembali melatih tim Belanda, dan sukses. ingat itu.

=====================================================================

ehmmm….baidewei..

cewek-cewek Rusia itu….

akh…phisically perfect…

semoga tidak lama lagi Rusia beralih haluan jadi negara liberal dan gw dapet beasiswa kesana.

hmmm….Russian Girls…

PLAKK !!!

ngemeng eje le !!!

Entry filed under: around PooneyLand. Tags: , , , , , .

dukungan eceran gw ke Jerman guus hiddink

1 Comment Add your own

  • 1. Mahbub  |  June 24, 2008 at 7:31 am

    Seniman itu butuh dihargai. Bahkan seorang pembunuh licin yang menganggap trik pembunuhan yang dilakukannya adalah sebuah seni kadang tertangkap karena ego nya untuk mendapat pengakuan (agatha christie). Pindah jugo wi? aku megang turki bae lah.

    gw Jerman sekarang. terserah siapapun lawannya di final.

    Reply

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed